5 Tips Ampuh Cover Gitar Di Youtube Tanpa Terkena klaim Hak Cipta

Cover Lagu Di Youtube

Mengcover gitar di youtube ialah jenis konten yang paling mudah di buat di banding jenis konten tutorial gitar, atau membedah lagu, namun tantangan nya ialah kita harus bergelut dengan urusan claim hak cipta atau copyright.

Mengcover Lagu yang sedang viral di youtube memang menjadi cara ampuh utuk mendongkrak channel youtube, namun banyang banyang Claim hak cipta menjadi momok menakutkan bagi youtuber yang ingin memonetisasi videonya. Terlebih jika kita mengcover lagu luar negeri yang sudah legend sepertiblagi avenged sevenfokd, queen, dream theater pasti tidak luput dari claim hakcipta.

Sebenernya masih ada celah cara atau tips ampuh bikin conten Cover Gitar di youtube tanpa claim hak cipta.
  • 1. Buat musik Backing Track sendiri. 
Dengan membuat musik backing trak sendiri maka kita bisa memainkan tempo agar berbeda dengan musik originalnya kita bisa mempercepat atau memperlambat tempo musik yang ingin kita bikin. Ada banyak software membuat musik yang bisa kalian instal di laptop atau hape mu. Seperti Fl studio Garageband dll.
  • 2. Buat backing track dengan gitar akustik.  
Buatlah backing trak dengan gitar akustik saja, karena dengan hanya membuat musik dengan satu instrumen akan membuat konten musikmu bebas claim hak cipta.  Kamu juga bisa mentranpose kunci atau chord gitar ke versi suara kamu sendiri. 
  •  3. Buatlah cover lagu dengan versi Fingerstyle Gitar. 
Dengan membuat cover lagu dalam gaya fingerstyle gitar makan kontenmu akan terlihat original kaera tidak ada lyric lagu yang mendominasi konten video mu.

  • 4Pilih lagu dari band local indonesia. 
Mengcover  lagu dari band atau musisi local daerah mu bisa jadi pilihan yang patut di coba , selain kamu bisa dengan mudah mendapatkan  ijin dari pemilik lagu, kamu sekaligus mempromosikan karya band daerah mu sendiri ke netijen. Terlebih biasanya lagu band local daerah masih jarang yang di daftarkan ke conten id youtube.

  • 5. Cover bagian melodi gitarnya saja
Dengan mencover melodi atau lead gitar dari sebuah lagu makan akan mengurangi kesempatan terdetek oleh algoritma youtube sebagai pelanggaran hak cipta. Kamu bisa membuat 5 sampai 10 melodi dalam satu video. Tapi ingat kamu tetap harus memakai trik nomer 1 dan nomor 2 dibatas.

Demikian Tips Jitu Cover Gitar Di youtube bebas copyrigt semoga bermanfaat.



0 Komentar

Ada Pertanyaan?