TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

5 Lagu Andalan Gitaris Untuk Tuning Gitar

Lagu stem gitar


ZONAGITAR.NET, Sebelum ada alat digital guitar tuner seorang gitaris biasanya memiliki cara tersendiri untuk men tuning atau menyetem gitar akustik ataupun guitars elektrctric samapi dirasa pas atau tidak fals dan salahsatu metode paling gampang ialah dengan berpatokan sama intro dari sebuah lagu terkenal. Dan kebiasan ini berlajut hingga sekarang.


Fungsi dari menyetem gitar dengan standard tuning ialah untuk mempermudah gitaris dalam mengulik atau mencari kunci atau cord lagu dari suatu band yang ingin di covernya. 


Yang di maksud dengan Setandard tuning gitar ialah setiap senar gitar akustik saat keadaan open string atau tidak di pencet meiliki nada E A D G B E. (Urutan dari senar besar atau nomer 6 sampai nomer 1).


Beberapa lagu yang kerap digunakan juga untuk menyetem gitar dan seakan akan menjadi lagu wajib untuk stem gitar ialah lagu milik Peterpan yang berjudul Semua Tentang Kita.


Lagu tersebut sejak dulu telah banyak dimainkan untuk menyetem gitar. Apalagi dikalangan anak-anak muda yang baru saja ingin memulai nongkrong asik sambil bernyanyi.


Tapi tidak hanya itu saja, zonagitar.net kali ini akan memberikan daftar lagu-lagu yang biasa digunakan untuk nyetem gitar. Simak di sini yuk.


1. Canon rock (dipopulerkan oleh jery c)


Lagu canon rock merupan lagu instrumental yang identik dengan gitaris dan sangat familiar dikalangan gitaris, siapa yang tidak kenal denngan lagu yang satu ini. Dengan koposisi kunci D,A,Bm,F#m,G,D,GA. Lagu ini cukup mudah untuk dijadikan patokan stem gitar terlbih untuk senar nomer 5 dan 6. 

2. Semua Tentang Kita - Peterpan

Semua orang pasti mengenal lagu milik Peterpan yang satu ini. Ketika mendengar intro pertama kali pun langsung sadar bahwa lagu itu Semua Tentang Kita.


Intro lagu tersebut nyatanya kerap digunakan untuk menyetem gitar. Banyak orang menggunakan intro itu demi mendapatkan suara gitar mereka yang baik.


Kenyataan Semua Tentang Kita jadi lagu untuk nyetem gitar pun juga diakui Ariel NOAH, mantan vokalis Peterpan. Ariel pernah menegaskan bahwa lagu milik bandnya dulu itu memang terkenal hingga sekarang.



3. Bintang di Surga - Peterpan


Lagi-lagi lagu milik Peterpan. Bintang di Surga juga memiliki intro yang apik dan mudah diingat orang. Tak heran jika Bintang di Surga kerap digunakan untuk menyetem gitar terlebih untuk menyetem senar gitar nomer 6.


Bintang di Surga dirilis bersama dengan 10 lagu lainnya di album kedua milik Peterpan. Perilisan lagu itu sejak 2004 dengan label Musica Studio's dan banyak digandrungi kaula muda saat itu.


Lagu Bintang di Surga menjadi salah satu karya Peterpan yang juga merajai ingatan orang-orang. Tak sedikit orang yang mengenal dan hafal lagu milik Ariel cs ini.


4. Yolanda - Kangen Band


Kali ini lagu untuk nyetem datang dari Kangen Band yang berjudul Yolanda.


Tak sedikit orang juga menjadikan Yolanda sebagai alternatif untuk menyetem gitar. Biasanya, anak muda di tongkrongan tahu betul lagu ini dapat membantu mereka nyetem gitar.


Yolanda merupakan lagu dari Kangen Band yang dirilis pada 2008. Yolanda juga tergabung dalam salah satu album Kangen Band, berjudul Bintang 14 Hari.

5. One Last Breath - Creed


Lagu yang satu ini biasanya digunakan untuk nyetem gitar bagi orang-orang yang udah jago. Tetapi, tak sedikit juga digunakan orang-orang awam untuk menyetem gitar.


Hanya saja, intro lagu ini cukup rumit sehingga perlu skill jika ingin menyetem gitar dengan One Last Breath milik Creed.


One Last Breath dirilis pada 2001 oleh Creed melalui salah satu album mereka, Weathered.


Demikian daftar lagu yang sering di jadikan patokan untuk standar tuning atau stem gitar. Semoga bermanfaat

Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.