TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Fungsi Capo Pada Gitar Akustik Dan Penggunaan

ZONAGITAR.NET, Pada dasarnya Capo adalah alat untuk membantu para gitaris untuk memudahkan menentukan nada chord pada gitar Akustik atau juga mentranpose kunci pada gitar. capo juga bisa untuk klem/menjepit senar yang ada di dalam fret tertentu terutama pada fingerboard guitars.

 Capo juga dapat mempersingkat semua senar Guitars Acoustic  yang pada saat yang sama, membuat suara lebih jernih & tajam lalu bisa membuat nada menjadi lebih tinggi dari nada biasa atau  nada sebelum menggunakan capo.

Fungsi  Capo Pada Gitar & Cara Menggunakannya

Jika kalian ingin menempatkan capo Pada Gitar Akustik di fret yang ketiga, maka senar  bagian yang sebelumnya bernada E dapat menjadi  nada G (tiga nada lebih tinggi). Dan itu juga akan berpengaruh pada semua senar sehingga semua senar yang akan berubah jadi nada yang lebih tinggi lagi.

Saat senar gitar dijepit dengan menggunakan capo, gitar kalian pasti harus dalam kondisi sudah steman di karena jika kalian menyetem gitar saat ada capo yang menjepit, itu akan membuat senar sulit untuk ditarik karena jepitan capo yang sangat kuat dan hanya akan merusak senar dan nada pada gitar.

terkadang, saat melepas capo juga bisa menyebabkan senar fals. Jadi ingatlah untuk memeriksa steman setiap kali kalian memasang atau melepas capo telah kalian gunakan sebelumnya.

Menggunakan Capo Dengan  Mengubah Kunci Lagu Yang Di Inginkan


Maksudnya adalah, bermain gitar menggunakan capo agar sama atau sesuai dengan suara vokalis kita. Seperti memainkan lagu yang kuncinya adalah C tapi kalian ingin menyanyi dengan nada yang lumayan lebih tinggi supaya cocok dengan rentang nada vokal kita, maka dari itu, kunci harus dari nada D agar lebih sesuai dan cocok sama vokal kita

Tidak ada masalah, jika kita menempatkan capo pada fret-fret tertentu dan hanya memainkan lagu dari nada C, Bahkan kalian dapat memindahkan capo ke fret apapun, geser atas dan ke bawah neck, sampai kalian menemukan fret (kunci) yang sempurna untuk vokal kalian supaya lebih mudah ketika bernyanyi bersama anda.

 Menggunakan Capo Untuk Memperjelas Nada Gitar 

Orang juga menggunakan capo untuk alasan yang tidak ada hubungannya dengan rentang vokal. Jika kalian menempatkan capo di neck (terutama di neck yang tinggi), gitar kalian akan memiliki suara lebih jelas dan cerah. Itu bahkan dapat terdengar lebih seperti mandolin.

Capo dapat membuktikan terutama berguna jika kalian memiliki dua gitaris yang memainkan sebuah lagu bersama-sama. Misalnya, Satu gitaris memainkan chord tanpa capo di kunci C. Gitaris lainnya memainkan chord dalam, katakanlah, kunci G dengan capo di fret kelima, pasti akan terdengar sekali Perbedaan dalam timbre antara dua instrumen menciptakan efek yang berbeda dan mencolok.


Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.