Gitar Akustik Sering Fals, Ini 5 Penyebabnya

Gitar sering fals

Zonagitar.Net, Pernah gak kamu ngalamin gitar akustik kesayanganmu yang sudah digunakan bertahun-tahun tiba-tiba fals? Padahal gak diapa-apain, eh suaranya kok gak bagus lagi seperti sebelumnya. Tenang, tak ada hal mistis yang terjadi dengan gitarmu. Banyak faktor penyebab gitar menjadi sumbang atau fals. Tak hanya setelan senar aja, lho!

Kamu harus cari tahu dulu penyebabnya agar kamu bisa mengatasi. Berikut beberapa penyebab gitar tiba-tiba fals dan cara mengatasinya. So, jangan buru-buru dibuang, yah!

Kenali 4 penyebab gitar akustik tiba tiba sering Fals sendiri. 

1. Senar Gitar

Senar merupakan instrumen yang sangat vital dalam gitar. instrumen ini memberi pengaruh kuat akan bunyi yang dihasilkan. Kebersihan senar yang buruk juga sangat mepengaruhi penyebab gitar jadi fals , Biasanya gitar yang jarang dipakai membuat karat muncul pada senar. Kualitas bahan senar juga mempengaruhi cepat tidaknya senar berkarat. Selain karat, senar juga memiliki batas umur pakai. Jika cukup lama, maka senar akan kaku atau mati. Untuk menghindari permasalahan di atas, baiknya kamu rajin memainkan gitarmu. Bersihkan secara berkala, dan jangan lupa mengganti senar yang sudah memasuki usia abis masa pakai.

2. Kondisi Tabung Gitar

Setelah mengganti semua senar yang mati namun gitar akustikmu masih terdengar fals, maka kemungkinan berikutnya ada masalah pada tabung gitar. Tabung gitar berfungsi memberi resonansi bunyi.

 Ia bertugas memantulkan bunyi dan membuatnya lebih nyaring. Jika suara gitar akustikmu ‘melempem’ kemungkinan besarnya memang ada masalah di tabung. 

Coba kamu cek dengan seksama area yang berlubang atau rekatan yang mulai longgar. Jika sudah ketemu kamu siapkan plaster atau lem yang memiliki daya rekat tinggi.

 Pastikan tidak ada lobang yang menganga. Kamu bisa memastikan lubang sudah benar-benar tertutup rapat di bawah sinar.

3. Leher Gitar atau neck gitar

Neck/Leher gitar memiliki fungsi sangat vital, tempat kita menggengam dan menekan kord. Ada kalanya pada gitar berkualitas rendah, bahan kayu pada leher gitar bengkok karena faktor eksternal seperti cuaca atau senar yang terlalu kencang. 

Kamu bisa memastikan lurus atau tidaknya leher gitar dengan cara mengintipnya memakai mata telanjang secara sejajar. Jika penyebabnya karena senar, kamu bisa kendurkan setelan gitar hingga posisi leher gitar tidak bengkok lagi. 

Namun jika bengkok pada leher gitar dirasa cukup parah, kamu bisa langsung bawa ke tukang reparasi gitar, biar tidak semakin keras. Jika sudah benar, untuk berikutnya, sebaiknya gitar ditaruh dengan posisi yang benar saat habis memakai. Pastikan leher gitar tidak menumpu beban.

4. Tremolo Bridge

Tremolo Bridge atau rangkaian tempat pengait senar adalah bagian yang cukup rawan untuk terlepas juga bergeser. Gitar diciptakan dengan posisi masing-masing komponen diukur dengan presisi. Aspek jarak, ketinggian dan sebagainya sudah ditentukan agar menghasilkan nada-nada yang tepat. 

Satu komponen berubah posisi maka dapat menyebabkan perubahan nada. Cek secara berkala pengait senar yang terpasang di tubuh gitar tersebut. Buka semua senar lalu posisikan kembali pengait yang bergeser tadi. Pastikan posisinya benar-benar tepat. 

Gunakan lem super kuat dan biarkan beberapa waktu. Saat daya rekat dirasa sudah bekerja maksimal, pasang kembali senar-senarmu. Ingat, jangan terlalu kencang dan juga terlalu kendur. Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

4. Fret atau grip gitar

Fret terkikis jamak ditemui pada gitar-gitar akustik yang sering dipakai. instrumen yang terbuat dari bahan logam ini juga memiliki batas usia pakai. Semakin sering kamu pakai maka akan semakin besar kemungkinan fret kamu terkikis. Kamu bisa cek secara seksama fret mana saja diantara 19 fret yang terdapat pada gitamu yang perlu kamu ganti. Jika ketemu, kamu tinggal membeli yang baru dan bisa diganti dengan mudah di rumah.

Ingat, jika mendapati gitar kesayanganmu tiba-tiba kualitas suaranya makin buruk, jangan langsung frustasi, ya! Cek cara-cara di atas. Jika penyebabnya ketemu dan kamu berhasil mengatasinya, niscaya suara gitarmu kembali jernih seperti pada awal kamu membeli dulu.

0 Komentar

Posting Komentar