TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Jenis Jenis Pickup Gitar Akustik Dan Elektrik

jenis pickup gitar

Apa itu Pickup gitar.?  Pickup, adalah perangkat yang berfungsi sebagai transduser yang menangkap getaran mekanik dari dawai dan mengubahnya menjadi sinyal elektrik yang kemudian diteruskan ke penguat suara. Prinsip dasarnya adalah dengan memanfaatkan induksi elektromagnet, yang mana getaran senar "mengganggu" garis-garis gaya elektromagnetik.

Secara anatomi, pickup gitar terdiri dari sebuah coil (gulungan kawat) atau lebih, serta magnet. Itu saja, semua merek pickup yang ada sebagian besar seperti itu. Namun berbagai komposisi jenis kawat, tipe magnet, banyaknya gulungan kawat akan sangat mempengaruhi suara sebuah pickup. Nah perbedaan komposisi inilah yang menjadikan sebuah pickup menghasilkan suara. Itulah sebabnya kenapa banyak pickup, karena setiap perushaan pembuat pickup gitar memiliki formulanya masing-masing.

Untuk awalnya mari kita melihat dua tipe pickup gitar yang paling banyak digunakan, yaitu...

Humbucker Dan Single Coil

Pickup yang paling umum kita kenal adalah pick up humbucker dan single coil. Single coil di sini mirip seperti yang digunakan pada vaporizer, yaitu sebuah gulungan kawat yang terdapat magnet dan pole piece (tonjolan bulat yang ada di pickup). Contohnya adalah pickup pada Fender Stratocaster.

Kemudian ada humbucker atau double coil. Sama seperti pickup Stratocaster, hanya saja memiliki sebuah coil lagi yang diletakkan berdekatan. Contohnya adalah pickup pada Gibson SG.

Perbedaan Humbucker single coil

 Perbedaan antara keduanya? Humbucker memiliki karakter suara yang lebih 'tebal', banyak low serta mid dan tidak terlalu banyak high. Sedangkan single coil memiliki ciri khas suara yang 'bright' dengan frekuensi high yang dominan.

perbedaan humbecker dan singel coil




Jenis Pickup Gitar Lainnya
Pickup gitar tidak hanya single coil atau humbucker saja. Ada beberapa jenis pickup lainnya, seperti yang bisa kita lihat di bawah ini.

P90-Pickup ini adalah single coil namun memiliki gulungan kawat serta magnet yang lebih besar. Suaranya cukup unik lebih tebal dari single coil namun tidak segalak humbucker.
P94 atau Phat Cat (Seymour Duncan)-Pickup ini adalah P90 yang memiliki ukuran sebesar humbucker.

Single Coil Sized Humbucker- Ukurannya sebesar single coil namun konstruksinya humbucker, memiliki dua gulungan kawat. Karakter suaranya mendekati humbucker.

Lipstick-Banyak ditemukan pada gitar vintage seperti Danelectro, karakter suaranya sedikit garing dan trebly. Tersedia dalam format humbucker atau single coil.


Jenis pickup di atas adalah yang paling sering digunakan dan diketahui. Kadang pembuat gitar juga memiliki pickup buatan sendiri yang tidak termasuk dari 4 kategori diatas.

Memilih Pickup

Pickup biasanya disesuaikan dengan space atau ruang yang tersedia di bodi gitar kita. Bila kita ingin memuat pickup yang lebih besar dari tempat yang ada di gitar, maka mau tak mau kita harus memperbesar pickup cavity atau lubang pickup. 

Sedangkan dari sisi sound, setiap pickup memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Single coil claritynya lebih bagus dan detail namun rawan terhadap noise. Humbucker outputnya cenderung besar dan noisenya lebih kecil, namun tak sebagus single coil untuk sound clean. 

Ada juga gitar yang memiliki berbagai jenis pickup untuk menghasilkan suara yang lebih bervariasi. Beberapa perusahaan gitar menambahkan fitur 'coil split' pada humbucker untuk menghasilkan suara single coil.  Setiap pickup memiliki soundnya masing-masing, jika Anda senang memainkan berbagai variasi suara maka carilah gitar yang memiliki pickup lebih dari satu seperti Ibanez RG misalnya.

Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.