TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Mengenal 10 Jenis Pickup Gitar Akustik Dan Elektrik

 
Pickup gitar adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menangkap getaran senar gitar dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang kemudian diproses oleh amplifikator atau mixer untuk memberikan suara gitar yang diinginkan.

Pickup gitar akustik dan elektrik terletak di dekat senar gitar dan terdiri dari koil yang terbuat dari kawat yang dikelilingi oleh magnet. Ketika senar gitar bergetar, getaran tersebut ditangkap oleh magnet dan diterjemahkan menjadi sinyal listrik yang dapat diproses.

Pickup Gitar Aktiv Dan Pasif

Pickup gitar dapat dibedakan menjadi dua jenis utama, yaitu Pickup Gitar Pasif dan pickup aktif. Pickup pasif tidak memerlukan sumber listrik eksternal dan hanya mengandalkan energi magnet untuk menghasilkan sinyal listrik. Pickup aktif, di sisi lain, memerlukan baterai untuk mengaktifkan amplifikasi sinyal yang lebih kuat. Pickup aktif biasanya memberikan suara yang lebih bertenaga dan lebih terang, namun juga cenderung lebih mahal daripada pickup pasif.

Pickup gitar juga dapat dibedakan menurut jenisnya, seperti single-coil pickup, humbucking pickup, dan lain-lain. Setiap jenis pickup memiliki karakter suara yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat memilih pickup yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Ada berbagai jenis pickup gitar yang dapat Anda gunakan pada gitar Anda. Berikut ini beberapa jenis pickup gitar yang sering digunakan:

Jenis Pickup Gitar

Berikut adalah 10 jenis pickup gitar yang sering digunakan:

  1. Single coil pickup:

    Pickup ini terdiri dari satu bobin dan satu magnet. Pickup ini biasanya digunakan di gitar listrik Stratocaster dan Telecaster. Karakter suara single coil pickup cenderung terdengar bersih dan jelas, namun juga cenderung memiliki interferensi elektromagnetik yang
    disebut "hum."
  2. Humbucking pickup

    : Pickup ini terdiri dari dua bobin yang dipasang berlawanan arah. Hal ini mengurangi interferensi elektromagnetik yang disebut "hum." Humbucking pickup cenderung memiliki suara yang lebih gahar dan tebal dibandingkan single coil pickup.

  1. P90 pickup:
    p90 pickup

    Pickup ini mirip dengan single coil pickup, namun memiliki bobin yang lebih tebal dan magnet yang lebih kuat. P90 pickup memiliki karakter suara yang lebih gahar dan lebih banyak goresan daripada single coil pickup.
  2. Active pickup:
    aktiv pickup

    Pickup ini menggunakan sebuah baterai untuk meningkatkan output dan mengurangi noise. Active pickup biasanya memiliki suara yang lebih tebal dan kuat dibandingkan pickup pasif.
  3. Split coil pickup:

    Pickup ini terdiri dari dua single coil pickup yang dipasang berlawanan arah. Pickup ini dapat memberikan suara yang lebih bersih dan jelas dibandingkan humbucking pickup, namun dengan sedikit interferensi elektromagnetik.
  4. Lipstick pickup:
    lipstik pickup

    Pickup ini terdiri dari satu bobin yang terdapat di sekitar magnet yang terpisah. Lipstick pickup biasanya digunakan di gitar listrik hollow body, dan memiliki suara yang lebih bersih dan jelas dibandingkan humbucking pickup.
  5. Rail pickup:

    Pickup ini terdiri dari satu atau dua bobin yang terletak di sepanjang panjang senar. Rail pickup dapat memberikan suara yang lebih dinamis dan bervariasi dibandingkan pickup lainnya.
  6. Stacked pickup: Pickup ini terdiri dari dua single coil pickup yang dipasang saling tumpang tindih. Stacked pickup dapat memberikan suara yang lebih bersih dan jelas dibandingkan humbucking pickup, namun dengan sedikit interferensi elektromagnetik.
  7. Filtertron pickup: Pickup ini terdiri dari dua bobin yang dipasang berlawanan arah dan memiliki magnet yang terbuat dari baja. Filtertron pickup memiliki karakter suara yang lebih terbuka dan lebih banyak goresan daripada humbucking pickup.
  8. Pickup sutainer : merupakan jenis pickup yang khas dengan suara yang lebih tebal dan "sustain" (panjang) dibandingkan dengan pickup gitar lainnya. Sutainer biasanya digunakan pada gitar listrik solid body seperti gitar Gibson Les Paul. Sutainer juga dapat ditemukan pada gitar akustik elektrik dengan sistem pickup yang telah dipasang.

Ini hanyalah beberapa contoh jenis pickup gitar yang tersedia. Ada banyak lagi jenis pickup yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti pickup jenis P-90, Stratocaster, dan lain-lain. Tergantung pada selera dan kebutuhan Anda, Anda dapat memilih pickup yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Komentar0

Tulis Komentar

Type above and press Enter to search.