Cara Mudah Memasang Senar Gitar Elektrik di Tremolo Up Down

Advertisement
Cara mengganti atau memasang senar gitar ''guitar string'' pada gitar elecktrik ''listrik'' yang mempunyi tremolo Up Down seperti gitar Ibanez memang berbeda dengan gitar akustik maupun elektrik yang tak ber tremollo updown seperti gibson dan fender.

Banyak gitaris pemula yang kesulitan dan bingung untuk menganti senar guitar elektrik yang ber tremolo Up Down ketika putus. padahal ini adalah hal sepele yang kadang tak terpikirkan.namun ini adalah modal yang harus di miliki oleh seorang guitarist, (gag lucu jua kali jika seorang gitaris handal di mintain tolong sama orang untuk memasang senar gitar tidak bisa.apa kata dunia....)


langsung saja zonagitar.com bahas mengenai cara memasang senar gitar pada tremolo up down.


Langkah 1: 


Kendorkan ketiga pengunci di locking nut pada gitar, ambil kunci L putar sekrupnya berlawanan dengan arah jarum jam, yang perlu anda ingat ganti senar gitar satu persatu jangan sekaligus, karena kalau senar dikendorin sekaligus otomatis per tremolo akan menarik kuat dan posisi akan kendur kebawah (sebetulnya dapat diakali dengan mengganjal tremolo).

 jika pada tremolo yang kurang bagus setelah dipasang semua senar baru, biasanya tremolo jadi labil, senar akan sumbang dan anda harus menyetel ulang dudukan per, itulah sebab kenapa lebih baik memasang senar gitar satu persatu.

Langkah 2: 


Setel fine-tuner keposisi sejajar/normal usahakan posisi kepalanya sejajar dan posisi ulirnya ditengah-tengah, hal ini berguna jika nanti setelah senar dipasang dan locking nut di kunci maka kita masih bisa menyetel keatas dan kebawah dengan bebas.








Langkah 3: 


Lepaskan senar yang ada dibagian tremolo, kendorkan string lock screw (jika anda bingung mengenai nama-nama dari bagian tremolo, liat di artikel sebelumnya berjudul “Mengetahui detail nama-nama bagian Tremolo Up Down (penjelasan dasar)” dengan kunci L, tarik senar dari saddle.










Langkah 4: 



Ambil senar gitar yang baru, potong sisi senar yang ada pin ball atau ring kepala seperti pada gambar diatas. Atau anda boleh tidak memotong bagian ini cuma membalik posisi atau ujung senar yang mau dipasang.







Langkah 5: 



Masukkan senar yang sudah dipotong tadi kedalam saddle tremolo, usahakan posisi agak dalam dan berada ditengah supaya dapat terkunci dengan kuat. Kencangkan string lock screw dengan kunci L








Langkah 6: 




Kencangkan senar yang ada di posisi tuner, tips sebaiknya senar langsung di stem biar per pada tremolo stabil
Nah jika anda sudah melakukan langkan-langkan diatas anda bisa melanjutkan atau mulai mengganti senar gitar secara satu persatu diposisi berikutnya.


Untuk mengganti senar gitar akustik sudah di bahas di artikel sebelumnya
Cara Mudah Memasang Senar Gitar Akustik Dengan Benar
Advertisement