Perjalanan Musik Stevie Item Antara Deadsquad dan The Backbone Menembus Sukses



Gitaris band Deadsquad sekaligus Andra And The Backbone, Stevie Item memiliki cerita panjang sebelum akhirnya ia mengawali karier profesionalnya pada 2001.

Kepada zonagitar.com Stevie menceritakan bagaimana ia bergabung dengan Andra And The Backbone dan kemudian membentuk band beraliran death metal, Deadsquad bersama kawan-kawannya.

Sebelumnya, putra musisi senior Jopie Item ini sempat menjadi additional guitar player untuk beberapa band dan penyanyi seperti Oppie Andaresta, Iwa K, Ari Lasso, dan lainnya yang dimulai pada 1996.

Kala itu, Stevie menyebutnya "loncat dari panggung ke panggung". Stevie juga sempat menjadi additional player untuk band Dewa 19. Menurut Stevie, saat itu Dewa 19 sedang membutuhkan gitaris tambahan untuktouring dan live show, sehingga Stevie bersama-sama sang gitaris Dewa 19, Andra Ramadhan, bermain gitar di band yang dimotori Ahmad Dhani itu.

Pada 2004, Andra mengatakan dirinya ingin membuat solo album. Beruntung, Stevie lah orang yang pertama diajak untuk proyek itu.

"Tadinya, Mas Andra mau bikin solo album, instrumental, dan orang yang pertama kali diajak di proyek itu adalah saya. Karena saya sudah lama kan main bareng dia di panggung. Begitu ditawarin rekaman untuk proyek itu, saya ayo-ayo aja," ujarnya saat ditemui Metrotvnews.com di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (15/05/2014).

Sedikit bercerita tentang sejarah Andra And The Backbone, Stevie mengatakan ada perubahan konsep proyek solo album yang diinginkan Andra.

"Tadinya mau instrumental, tapi di tengah-tengah, konsepnya berubah. Mau dibikin ada vokalisnya, karena setelah dipikir-pikir kalau cuma main gitar berdua, nanti yang dengar gitaris-gitaris doang. Maunya sih lebih luas jangkauan pendengarnya. Akhirnya diubahlah konsepnya jadi band. Kami cari vokalis, dan akhirnya ketemu Dedy (Dedy Lisan-red) pada tahun 2006," ujarnya.

Kakak kandung dari penyanyi Audy Item ini mengatakan, pertemuannya dengan Dedy didapat berdasarkan rekomendasi Ari Lasso. Dedy adalah rekan dari gitaris Ari lasso yang sering membuat lagu untuknya. "Sejak itulah, Andra And The Backbone akhirnya jalan dan rilis album pertama, "Self Titled", Andra And The Backbone," lanjut Stevie.

Sementara Stevie menjalani proyek bersama Andra And The Backbone, pada 2006 itu ia juga membentuk Deadsquad. Saat itu menurutnya, selama ini ia selalu menjadi additional guitar player dan ia ingin memiliki sebuah band yang bisa merepresentasikan dirinya.

"Dari dulu saya enggak pernah punya band yang tetap. Selama itu saya selalu ikut atau gantiin orang -- yang gitarisnya cabut lah, butuh gitaris buattouring lah -- tapi saya enggak pernah punya band yang representatif, 'inilho saya'. Saya ingin bikin satu rekaman yang merupakan band saya sendiri," ungkap Stevie.

Namun, menurut Stevie, baik Andra And The Backbone maupun Deadsquad, keduanya memiliki tempat tersendiri di hatinya. "Deadsquad itu band pertama saya, yang saya bikin sama teman-teman, dan ngeluarinalbum. Kalau Backbone itu intinya ada dua gitaris dan satu vokalis, secara resminya itu adalah solo proyeknya Mas Andra karena dia produsernya, jadi semua keputusan mutlak di tangan dia," ujarnya.

Namun, bermain di dua band dengan genre yang jauh berbeda bukanlah kesulitan bagi Stevie. "Adaptasinya (bermain di dua band dengan genre yang berbeda jauh) enggak sulit, karena keduanya saya senang. Kecuali, saya bikin sesuatu yang saya enggak suka. Tapi, ini kebetulan emang saya suka. Orientasi musik saya memang ke arah situ juga. Jadi saya bisa main pop juga, bisa main rock juga, influence saya dari band metal juga ada, jadi sedikit banyak terpengaruh permainannya ke arah metal, jadi sebenarnya enggak terlalu sulit, cuma saya perlu ganti-ganti gitar aja," ucapnya.

Meski bermain di dua band yang berbeda, Stevie mengaku dirinya lebih memprioritaskan jadwal manggung bersama Andra And The Backbone. Sejak awal, dirinya memang sudah mengikuti jadwal bersama band itu. Namun, Stevie yakin, hal itu tidak membuat teman-temannya di Deadsquad merasa keberatan atas keputusannya. Itu juga dilakukan Coki, gitaris Deadsquad yang juga gitaris band Netral.

"Jadwal manggung pernah bentrok. Biasanya dibisa-bisain, selama masih bisa dimolor-molorin waktunya, ya diusahain. Tapi kalau memang enggak bisa banget, baru saya pakai pemain pengganti, namanya Ario. Itu berlaku juga untuk Coki. Kebetulan dia jago banget mainnya, ini untuk ngatasinsupaya dua-duanya (baik Andra And The Backbone dan Netral) tetap jalan. Soalnya saya enggak enak juga--saya sudah mulai sesuatu dan terhambat gara-gara jadwal. Saya enggak mau gitu juga. Kasihan anak-anak (Deadsquad). Anak-anak Deadsquad enggak komplain karena pemain pengganti itu cukup mumpuni untuk bisa meng-cover antara saya dan Coki. Tuh anak (Ario) otaknya bisa kebelah dua gitu, dia jago banget, makanya anak-anak (Deadsquad) juga enggak khawatir," tandasnya. 
(yui)

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}