Pentingnya Senam Jari Atau Fingering Bagi Gitaris

Fingering Gitar

Banyak gitaris yang selama ini menganggap senam jari hanya sebagai latihan fingering (pergerakan jari tangan kiri). Sebenarnya ini salah kaprah. Karena jika senam jari didefinisikan sebagai latihan untuk melenturkan jari-jari yang digunakan untuk bermain gitar, dalam hal ini jari-jari tangan kanan juga jelas termasuk ke dalamnya, karena pencapaian teknik gitar yang baik membutuhkan latihan yang seimbang antara jari-jari tangan kanan dan jari-jari tangan kiri. Jadi jelas latihan picking juga termasuk senam jari, bahkan juga fingerstyle (untuk gitaris classic).

Senam jari dibutuhkan untuk melenturkan jari-jari saat bermain gitar, seperti saat melakukan improvisasi, saat ingin menguasai teknik baru, saat ingin menghafal skala baru, saat ingin mendemonstrasikan riff/lick baru, dll.

Tanpa senam jari, semua hal tersebut menjadi sangat sulit dilakukan. Kenapa? karena senam jari yang kita lakukan akan membuat syaraf otot yang ada di tangan kita menghafal gerakan-gerakan baru. Jadi, senam jari yang dilakukan secara teratur dan bertahap (dari kecepatan minimum sampai maksimum) akan membuat permainan gitar kita meningkat.

Ada banyak cara untuk melakukan senam jari. Untuk jari tangan kiri, senam jari dapat dilakukan dengan melatih stretching (peregangan jari), kromatik (karena banyak gitaris yang menganggap penjarian kromatik sulit dilakukan), arpeggio, legatto (hammer on dan pull off), dll. Sedangkan untuk tangan kanan, senam jari dapat dilakukan dengan melatih tremolo picking, tapping, fingerstyle akustik, dll.

Dari penjelasan di atas, jelas kita harus melakukan senam jari jika ingin permainan gitar kita terus meningkat. Senam jari yang baik adalah apabila dilakukan secara konstan/terus-menerus dan teratur (setiap hari).

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}