Seorang pemain bass atau gitaris profesional pasti selalu merawat gitar bass miliknya agar performanya selalu bagus, terlebih jika mereka yang menjadikan musik sebagai jalan hidup. Bakan mereka sengaja meluangkan waktu khusus untuk melakukan perawatan setiap bulannya.

Masalah yang sering timbul pada gitar bass biasanya adalah Fretting atau Buzzing ! Hal ini di sebabkan karena banyak faktor seperti Frett Aus (tidak rata lagi) dan ada juga karena freet lepas ( Ngangkat ) yang mengakibatkan permainan anda jadi terganggu.

Nah untuk menjaga agar masalah ini tidak terjadi maka rajin-rajinlah untuk mengecek atau merawat gitar bass anda dengan baik, Berikut 10 Tips Perawatan Gitar Bass Yang Baik Agar Tetap Prima versi zonagitar.net  yang bisa kalian terapkan sendiri di rumah.

MEMBERSIHKAN PAPAN FRETT & FRETT :

Buka senar , lalu bersihkan papan frett dengan lap yang di beri cairan pembersih , agar kotoran ( Daki ) yang menempel hilang . gosok papan frett hingga bener- bener bersih, agar tidak terkesan jorok dan tidak tubuh jamur.

Untuk membersihkan frett , gunakan sikat gigi bekas. gosok permukaan dan samping tiap masing-masing frett . frett yang jarang di bersihkan akan banyak menumpuk kotoran berwarna hijau dan akirnya FRETT akan terkena korosi.

CEK WIRING PICKUP :

Wiring pickup memang jarang tersentuh tetapi , karena lama di makan usia , terkadang soldering Cable putus atau kendor . Cek bagian wiring cable , lihat apakah ada solderan yang terkelupas atau kendor, jika ada maka sambung kembali menggunakan Solder & timah ke posisi semula aga arus mengalir sempurna

Potensio . Potensio akan habis ( Aus ) dan akirnya jika di putar timbul suara- suara aneh. Bongkar bagian wiring . lihat di belakang badan potensio ada bagian lubang kecil yg terbuka . semprot menggunakan potensio cleaner atau sejenisnya . setelah di semprot, cek ulang .. biasanya gresek-gresek akan hilang . JIka masih ada , maka kemungkinan Potensio harus di ganti . Ganti potensio yg sesuai ukurannya 500kilo , 250kilo !

Jack female ! harus sering di perhatikan ! jika suara putus nyambung , maka di pastikan Jack bagian kaki + nya sudah lemah , dan tidak menyangkut dgn sempurna ke Male + jack . Ganti !

BRIDGE :

Tuning bridge sangat penting . ini harus di rawat agar sound tidak fals . Cara mudah nya loos senar G ( misalnya ) , lalu tekan di frett 12 nya . lihat di tuner apakah bergeser atau tidak . yang bagus jarum menunjukan di 440 ( tengah ) , jika fals jarum bergeser berkurang atau lebih dari 440 !

Tuning segera geser Bridge ke depan atau belakang ( LIhat Tuner ) hingga pas menunjukan jarum di tengah 440 . begitu sterusnya ! setiap mengganti senar baru cek ini harus dilakukan ! senar lama dan senar baru sering berbeda tuning nya ...

Jika frett sudah aus maka frett harus di ganti, pergantian freet harus di lakukan oleh orang ahli agar hasilnya memuaskan, namun jika anda terpaksa harus menggantinya sendiri berikut langkah-langkah untuk menggantinya :

1. Siapkan peralatan seperti Tang jepit, cuter, lem instan, pahat kecil, palu kecil permukaan rata. kayu 40cm/ tebal 1,5cm, lebar 7cm lalu di tempel amplass ukuran 800 & 1500.

2. Copot frett dengan menggunakan pahat kecil, cungkil dengan hati-hati di bagian pinggir frett, agar papan frett tidak ikut terbawa (sompal) setelah terangkat sedikit baru angkat dengan tang penjepit. Begitu seterusnya untuk semua frett.

3. Setelah semua frett terlepas, bersihkan lubang garis -garis fret di papan fret dengan menggunakan cuter, karena garis lubang untuk kaki frett itu sempit maka hanya cuter yg dapat masuk ke sela2 nya. Bersihkan kotoran lem dan sebagainya, korek saja jangan terlalu kuat secara perlahan.

4.Dan setelah itu baru loe memasang frett, belilah frett di toko musik untuk yg 24 frett, walaupun mungkin frett bass loe 22 frett, sisa nya dapat berguna! frett terbagi dua : ada yg gulungan dan ada yg sudah jadi, cari yg buatan korea tapi kualitas bagus jangan yg gampang di bengkokan, cari yg sedikit keras tapi bisa di bengkokan.

5. Tuangkan sedikit lem alteco ke sela-sela garis kaki frett di frettboard, lalu masukan frett, pukul dengan palu jgn terlalu kuat hingga menancap sempurna. Jika tidak ada alat press, tekan dengan tangan kuat-kuat hingga frett tidak ngangkat lagi! lalu potong pinggir frett jika menggunakan frett gulungan dan potong sedikit ujung-ujung nya sama kan dengan lebar frettboard, tapi ika menggunakan frett sudah jadi, tinggal memotong sedikit saja, lakukan itu secara keseluruhan.

6. Jika sudah terpasang semua, baru loe memasuki tahap penghalusan pinggir frett. Gosok menyamping 35 derajat ( Standart dunia ) dengan mengunakan papan kurang lebih panjang 40cm lebar 7cm, tebal 1,5cm telah di tempeli amplas ukuran 800, cara menempelkannya rekatkan dengan lakban bolak-balik.

Gosok dari ujung ke ujung merata. ujung frett 1 hingga 24 harus kena, untuk hasil yang maksimal, copotlah dulu neck dari body, gosok hingga ujung fret tidak tajam di tangan, gosok bagian sisi kiri & kanan dari frett dengan kemiringan yg sama, teknik ini dinamai side leveling .

7. Setelah sedikit halus di tangan, maka haluskan dengan amplas ukuran 1500 untuk finishing.

8. Setelah selesai cek ketinggian frett sama atau tidak, gunakan penggaris besi, tempelkan ke semua frett, lihat jika ada yg kurang baik, ngangkat maka akan terlihat ada celah antara frett & penggaris besi .

9. Jika mau di tambah up leveling silahkan, gosok permukaan frett tekniknya sama tapi yg di gosok permukaan nya hingga permukaan frett tidak lagi cembung tapi semi datar, gunakan amplass 800 dan terakhir 1500 menggunakan sedikit air ..

10. Setelah itu bersihkan frett (papan frett) dengan kain lap. Cek sekali lagi apakah masih ada ujung frett yg tajam, kalo masih ada ratakan yang tajamnya, jika sudah bass/gitar loe siap digunakan kembali.
Lebih baru Lebih lama