Tips Memilih Ampli Gitar Atau PRACTICE GUITAR AMPS


Bagi Seorang Gitaris sangat penting yang namanya Ampli Gitar, karena gitar elektrik tidak akan bunyi jika tak di colok ke ampli, Model ampli gitar saat ini di pasaran sangat bermacam macam. Harga dan fiturnya pun bervariasi. Tapi ada beberapa hal yang kamu harus pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah practice amps. Ini dia diantaranya :

Berikut 5 Tips Memilih Ampli Gitar Atau PRACTICE GUITAR AMPS Versi Zonagitar

1.HARGA
1ni merupakan hal yang paling penting sebelum kita membelinya, yaitu Buudget. Kira-kira, berapa kisaran uang yang kita miliki? klo perlu kita catet range harga untuk practice amps yang akan kita beli. Karena beda harga pasti beda kualitas dan fiturnya. Sekedar info aja, sekarang ini harga practice amps di Indonesia, yang paling murah dengan fitur yang paling minim adalah sekitar 500ribuan - 1 juta rupiah, dengan output sound yang cukuplah untuk ukuran latihan dikamar. :p

2.WATTAGE
Yang dimaksud dengan wattage disini adalah Power atau Output dari sebuah ampli. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa semakin besar power, semakin besar pula suaranya. Klo boleh dibilangin sih,,lebih baik membeli practice amp dengan power minimal 15 watt. Memang sih, saat ini juga bnyak pabrikan yang merilis ampli mikro dengan power 5 watt, sangat kecil, dioperasikan dengan baterai, dan dapat langsung dicolokkan ke gitar dengan output sound dengan headphone, tapi kalo watt nya terlalu kecil sangat sulit mensetting tone. Frekwensi low, mid dan high tidak terdengar terlalu jelas.


3.SPEAKER
Sudah pasti speaker dalam sebuah practice amps adalah speaker dengan ukuran kecil, sekitar 6 inch - 10 inch maksimal. Tpi bukan berarti speaker kecil soundnya juga jelek. Dalam hal ini kamu harus lebih teliti, sebelum membeli, disarankan kamu mencoba ampli dengan memutar knob volume sampai ke arah jam 1. Apabila suaranya tidak terdistorsi berarti speakernya cukup baik. Kamu juga harus cek  ke bagian belakang ampli, apakah tertutup atau terbuka, dan apakah speaker terpasang dengan kokoh atau tidak. Klo tidak, pastilah pada volume tinggi speaker akan bergetar dan memperpendek usia speaker.

4 OVERDRIVE / DISTORTION
pada umumnya practice amps juga menyediakan fitur overdrive/distortion disamping channel clean. Terdapat dua hal yang membedakan diantara hal ini :

 Channel overdrive/distortion terpisah.
Jadi terdapat sebuah switch untuk berpindah dari clean ke overdrive. Ini lebih baik karena mudah diakses.

Channel Clean dan Overdrive menjadi satu/tidak terpisah.
Umumnya hanya dibedakan dengan pemutaran knob 'gain'. Apabila Gain dinaikkan lebih dari posisi jam 12, suara akan menjadi terdistorsi.
Poin ini lebih membutuhkan perhatian extra dari kamu, apalagi jika kamu adalah seorang gitaris yang suka dengan musik2 gahar nan terdistorsi. Jangan memilih ampli dengan distorsi seadanya atau 'asal kasar'. Saat ini sudah banyak pabrikan2 yang menyediakan fitur distorsi dengan sound yang cukup bagus, baik itu merek luar ataupun merek2 lokal indonesia.

5.EFEK
Built in efek juga merupakan hal cukup menarik dari sebuah practice amps, walaupun hal ini juga tidak terlalu penting, mengingat practice amp biasanya hanya digunakan di dalam kamar aja. Tapi bagi sebagian gitaris, memiliki ampli dengan segudang efek built in menjadi keasikan tersendiri. Saat ini juga banyak practice amp yang memberikan fitur efek yang cukup banyak, seperti Reverb, Spring Reverb, Delay, Chorus, Flanger, Tremolo, Phaser, Heavy Octave dan sebagainya. Biasanya semakin banyak efek built in, harga juga akan semakin tinggi, jadi sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Featured Posts

{getFeatured} $label={Headlines}$color={#EA2027}