Gitar bass berkualitas baik tentu memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran, terlebih jika buatan brand terkenal seperti Ibanez, Musicman, Gibson ,Yamaha dll. tak heran banyak beredar gitar bass Aspal (Asli tapi Palsu) yang mengatasnamakan brand besar dengan kualitas dibawah standard pabrik dengan harga miring .




Kejelian dalam memilih gitar bas berkwalitas sangat di perlukan demi untuk medapatkan gitar bass dengan kwalitas material dan suara yang bagus. Berikut tips sebelum membeli gitar bass versi zonagitar.net yang harus kalian perhatikan. 

1. Bahan Dasar
   Bahan dasar membuat body gitar bass biasanya terbuat dari kayu. Dan kayu yg di gunakan pun beragam jenisnya seperti: kayu mahoni, walnut, maple, rose wood , wenge dan masih banyak yang lainnya. Dan di bagian Neck ( setang gitar) juga begitu ada yang dari maple, rosewood maupun wenge. 


Kayu Wenge merupakan jenis kayu yang lebih keras dari kayu yang lain dan juga tahan terhadap perubahan cuaca seperti di Indonesia. Namun pada kenyataanya jenis kayu tidak mutlak menetukan kualitas suara dari bass. Tidak ada salahnya kan bila kita memilih kayu yang berkualitas baik?

2. Nada atau Tone
   Yang paling penting saat anda memilih gitar bass adalah mendengarkan dan menghayati suara tune bass yang di hasilkan. Percuma jika gitar bass anda terlihat bagus namun nada suaranya hancur. Maka alangkah baiknya anda memainkannya dulu sebelum membelinya atau suruh yang punya toko untuk memainkannya :) hehehe.... bukan hanya lidah saja yang tidak bisa berbohong, telinga juga tidak bisa bohong.

3. Pick Up

Pick up ini merupakan bagian penting pada guitar bass. Alat ini di gunakan untuk merubah sinyal analog ke digital. Jadi kalau anda membeli gitar tanpa pick up lebih baik anda jadikan gitar bassanda sebagai kayu bakar hehehe... :) hanya bercanda teman.
Pick up juga berpengaruh cukup besar terhadap suara bass tang di hasilkan. Jadi harus pinter-pinter memilih pick up. Untuk mengecek bagus tidaknya pick up kamu perlu memainkan gitar bassnya supaya tidak menyesal setelah di bawa pulang.


4. Tone Control
    Seperti namanya tune control adalah tombol untuk mengatur volume, treble, dan bass. Dalam memilih tune kontol yang baik adalah back cover atau penutup control cavity ini harus dilapisi baik oleh cat khusus atau sejenis alumunium foil.

5. Neck (Stang Gitar Bass)
   Salah satu bagian yang cukup perlu untuk diperhatikan adalah bagian neck, Neck atau setang gitar yang bagus tidak ada sambungan atau retakan tentunya terus bentuknya yang Lurus (tidak bengkok). Kalau tidak lurus lebih baik jangan di beli walupun menarik namun kamu akan menyesal setelah sampai di rumah.

6.Tune machine


   Tune machine adalah komponen gitar bass yang berguna untuk mengencangkan dan mengendurkan senar. Untuk tunemachine yang bagus biasanya terbuat dari tembaga dan almunium bukan yang dari atum. lihat juga apakah tune machine sudah berkarat atau belum jika sudah bisa di perkirakan umur gitar bass di toko tersebut sudah lama tak terjual. jadi terserah anda teman.

7. Bridge (Jembatan)

    Ada banyak sekali tipe bridge atau jembatan senar bass ini dan mungkin ada baiknya kamu memilih yang mudah pada saat melakukan ganti senar. Artinya, senar tidak perlu dimasukan ke lubang dari bawah. Hal ini sangat membantu kalau anda ingin mengganti senar.

8. Berat (Overall weight)
  Berat gitar bass juga perlu diperhitungkan. Kalo dipakai untuk recording (rekaman), mungkin berat tidak terlalu menjadi masalah, tetapi jika ingin membeli bass untuk perform on stage, sebaiknya pilih yang tidak terlalu berat. Untuk bass dengan sambungan antara neck dengan body menggunakan baut biasanya lebih ringan dari pada yang tanpa baut. Jadi jika di lem tentunya akan menambah berat gitar bass tersebut.
Lebih baru Lebih lama