Sampai saat ini sudah tak terhitung berapa orang-orang yang berhasil menjadi artis terkenal berkat jasa YouTube. Mulai yang sekadar lipsync, hingga yang benar-benar memiliki skil istimewa. seperti gitaris Fingerstyle asal kota kendal Jawa Tengah bernama Nathan, Ia berhasil menghipnotis jutaan pemirsa youtube lewat aksinya bermain gitar akustik yang aduhai.

Dalam video-videonya, Nathan tak sekadar bermain gitar, melainkan juga bernyanyi. Salah satunya di lagu True Love yang dipopulerkan oleh Fujii Fumiya. Sementara di sejumlah video lain, ia berkolaborasi dengan orang lain untuk menyanyikan lirik dari lagu yang ia mainkan.

 Nathan belajar bermain gitar secara otodidak sejak masih duduk di bangku SMA, kala itu umurnya sekitar 17 tahun, Dengan bermodalkan gitar milik temanya, ia muali fokus mempelajari kunci kunci gitar. ia juga  sempat belajar kepada pamanya.

Sebelumnya nathan tidak tahu tentang teknik fingerstyle, yang ia tau saat itu adalah akustik instrumental. Natahan baru mengetahui jika gaya permainyanya bernama fingerstyle saat ia melihat penampilan Gitaris fingerstyle cilik asal Kore Sungha Jung di Youtube. sejak saat itu nathan mulai rutin mengulik lagu lagu kesukaanya seperti "Mengenangmu" milik band Krispatih dan Aku Harus Jujur  yang di ubahnya dengan gaya fingerstyle.

Nathan sempat fakum bermain gitar paca berumah tangga, dan pada awal 2009 ia mulai berfikit untuk mulai bermain gitar kembali, lalu di belilah sebuah gitar akustik merek Ibanez seharga 350 ribu. gitar itulah yang mengawali nathan dealam bermusik setelah kefakumanya. karna tergiur program promo lalu ia menjual gitar ibanez tersebut untuk membeli gitar Caraya yang pada waktu itu sedang promo beli satu gratis satu, hingga sampai akhirnya mentok di gitar Cort Ac -10. sampai sekarang.

Video pertama yang diunggah Nathan tertanggal 30 Desember 2010, atau sekitar 5 tahun lalu. Sejak itu Nathan aktif mengunggah aksi jemarinya memetik senar gitar yang mengcover bermacam genre lagu. Dari lagu dangdut semacam 'Sakitnya Tuh Di Sini' yang aslinya dinyanyikan oleh Cita Citata, sampai lagu populer milik John Legend yang berjudul ' All of Me'.

Sejak kemunculannya di Youtube yang membuat orang terkesan dan terpesona oleh permainan gitarnya dan juga sempat tampil di salah satu siaran televisi swasta yaitu Hitam Putih Trans 7 kini Nathan semakin merabahkan sayapnya dan semakin mempesona bagi penggemar penggemarnya. Entah itu dari permain jari jemarinya yang sangat lihai dalam memainkan gitarnya ataupun video-video cover yang baru baru ini ia publikasikan.

Hingga saat ini, akun 'nathan fingerstyle' mempunyai sekitar 22 ribu pengikut dan secara total video-videonya sudah ditonton sebanyak 5,3 juta kali. Namun dari sekian banyak komentar yang muncul di setiap videonya, tak semuanya bernada positif. Ada juga yang beranggapan nathan meniru gitaris korea sungha jung.

Memang tak bisa dipungkiri, antara Nathan dan Sungha Jung terdapat beberapa kesamaan. Selain konten yang mereka sajikan, yaitu meng-cover lagu dengan memainkan gitar menggunakan teknik fingerstyle, juga gaya rambut keduanya yang terbilang mirip.

Untuk memonetisasi akun YouTube-nya, Nathan punya cara yang berbeda dari artis YouTube lain, yang biasanya menghasilkan uang dengan program google adsense for youtube yaitu 'menyusupkan' iklan ke dalam video buatannya. tetapi Nathan memilih untuk mencari uang dengan menjual DVD yang berisi video tutorial untuk bermain gitar ala Nathan  fingerstyle. ia juga menerima request lagu yang menurut informasi ia pernah di bayar minimal 400 ribu per lagu dari pelangganya.

Lebih baru Lebih lama