Gibson J-160E

Sebuah gitar akustik merek Gibson J-160E yang pernah dipakai oleh pentolan group band legendaris The Beatles, John Lennon, berhasil terjual senilai US$2,4 juta atau sekitar Rp49 miliar lewat lelang di California.

Selama lebih dari 50 tahun, keberadaan gitar tersebut tidak diketahui sampai seorang pria di California tahun lalu menemukan bahwa gitar miliknya mungkin punya nilai sejarah yang tinggi.

Kantor berita AP menyebutkan nama pria itu adalah John McCaw dari San Diego, yang membelinya seharga US$275 pada akhir 1960-an.

Tahun lalu dia menemukan sebuah majalah dengan tulisan tentang George Harrison dan melihat foto yang juga memperlihatkan gitar tersebut.

McCaw kemudian berkonsultasi dengan seorang ahli instrumen Beatles, Andy Babiuk, yang mengidentifikasinya sebagai gitar yang pernah digunakan Lennon setelah membandingkannya dengan foto-foto ketika Lennon memainkannya.

Gitar yang digunakan Lennon merupakan satu dari dua jenis gitar tersebut yang dikirim dari Amerika Serikat ke Inggris pada tahun 1962 untuk digunakan John Lennon dan George Harrison.

 Lennon menggunakan gitar ini untuk merekam dan menggubah beberapa lagu populer, seperti Love Me Do dan I Want to Hold Your Hand.

Belakangan ini sejumlah barang-barang milik The Beatles berhasil dijual dengan harga yang tinggi, antara lain jaket yang dikenakan George Harrison dan Ringo Starr dalam film The Beatles tahun 1965, Help! maupun kontrak rekaman pertama The Beatles yang dilelang di New York.
Lebih baru Lebih lama