Masalah Tremolo Up Down  selalu Fals kerap kali di alami oleh pengguna Guitar ber Bridge Up Down. penyebabnya ialah Guitar Bridge tak bisa kembali ke posisi semula saat tremolo di mainkan,  ketika tremolo di down, nada menjadi cenderung menjadi rendah dan pada saat tremolo di up maka nada menjadi lebih tinggi.

Ada sebagian gitaris di indonesia yang berpendapat bahwa inilah  inilah resiko yang harus ditanggung bagi pengguna Gitar atau UP DOWN KW alias Gitar replika, tiruan, atau yang harganya sangat murah di banding harga gitar Aslinya dengan merk yang sama.

Sebenarnya masalah ini tergolong kmudah untuk di atasi, yaitu,  menyeimbangkan antara kekuatan senar dengan kakuatan Pegas yang ada pada gitar.

Perlu di ketahui, Kualitas senar gitar dan pegas atau per yang di pakai juga berpengaruh terhadap up down yang selalu fals, sebaiknya biasakan memakai senar gitar yang berkualitas, untuk tremolo jenis up down sebaiknya  gunakan per yang betul betul lentur dan jangan terlalu keras. lebih baik sahabat menggunakan per yang lentur sebanyak 3 buah dari pada  menggunakan per yang keras sebanyak 2 buah.

Berikut zonagitar.net nerikan tips Cara atasi Up Down Gitar Listrik Yang Selalu Fals

 1. Lepaskan Locking Nut atau penjepit, lalu  kendorkan terlebih dahulu senar Guitar anda, bila perlu ganti dengan senar yang baru.

2. Tekan bagian tremolo (down) sampai bagian belakang betul-betul menukik ke atas, kemudian ganjal dengan sesuatu yang bisa menahan posisi Bridge tidak tenggelam kedalam (datar) saat melakukan proses pemasangan senar. bisa menggunakan battrey handphone atau sejenisnya.


3. Jika selesai, selanjutnya, silahakan anda Pasang seluruh senar.

4. Lakukan Tuning atau  setem kembali Gitar anda seperti semula.

5. Lepaskan Pengganjal yang telah anda pasang sebelumnya. hal yang paling penting untuk anda perhatikan disini adalah  saat anda melepas pengganjalnya, pastikan bahwa posisi bridge dalam keadaan datar.

6. Jika dirasa sudah normal, untuk langkah terakhir, Kuatkan kembali Locking nut untuk mengunci senar agar tidak fals.

7. Perhatikan pada bagian penjepitnya, disitu ada dua buah mur, dan pastikan bahwa kedua-duanya seimbang jangan sampai ada satu penjepit yang posisinya lebih rendah atau lebih tinggi

 8. Coba mainkan gitar dengan di up atau di down.
Selamat Mencoba dan semoga berhasil.
Lebih baru Lebih lama