langkah langkah mengganti fret gitar

Pemakaian gitar dalam kurun waktu lama pasti mengakibatkan pengikisan pada fret gitar, Gesekan antara logam fret dengan senar yang terus menerus mengakibatkan Fret gitar yang menipis. terlebih jika anda seorang gitaris blues atau rock yang hobi dengan teknik gitar Banding.

Beberapa hal yang dapat dijadikan pertanda jika fret gitar sudah mengalami penipisan adalah sebagai berikut:

    suara senar pada letak fret tertentu tidak keluar bahkan tidak dapat bergetar sama sekali, hal ini diakibatkan karena getaran senar yang dipetik dan ditekan pada suatu fret yang sudah menipis akan tertahan oleh fret yang berada di bagian dalam.
    saat memainkan kunci/acord gitar maka suaranya menjadi fals karena beberapa senar tidak berbunyi.
    Saat memainkan melodi ada senar yang suaranya kecil.

 Jika tanda tanda di atas sudah menjangkiti gitar kesayanganmu maka sebaiknya segera lakukan perbaikan dengan mengganti fret yang aus. untuk mengganti fret gitar sebenarnya tidak terlalu sulit, kamu juga bisa melalkukanya sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal jika di bawa ke tempat service gitar.


Berikut zonagitar.net Berikan langkah langkah mengganti fret gitar yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

  1. Untuk melepaskan stang gitar dari badan gitar maka kita harus melepaskan dahulu Ke-empat sekrup yang terletak di belakang badan gitar, sekrup inilah yang merekatkan stang gitar dengan badan gitar. Untuk melepaskannya gunakanlah obeng plus yang agak besar dengan pegangan yang mantap karena skrup tersebut sangatlah kuat menancap, setelah keempat sekrup terlepas maka pisahkan badan gitar dengan stang gitar.


  2.  Biasanya tidak semua fret yang terpasang pada gitar menipis, jadi tandailah beberapa fret yang memang sudah benar-benar menipis, cabutlah beberapa fret yang memang benar-benar sudah menipis dan perlu diganti, cara melepaskan fret dari stang gitar adalah dengan mencongkelnya sedikit demi sedikit dengan menggunakan obeng minus berukuran kecil, awalilah mencongkel dari arah pinggiran stang bukan dari tengah. 


   3. Bila seluruh fret yang tipis sudah terlepas maka tahapan selanjutnya adalah mengisi tempat bekas fret dengan lem kayu, sebelum memberi lem kayu sebaiknya periksa dulu bekas fret yang telah dicabut, karena mungkin saja ada sisa-sisa kotoran atau debu yang menempel di sana.


   4. Setelah lubang tempat fret dipenuhi lem kayu maka langkah selanjutnya adalah memasukkan fret-fret baru ke dalam tempat fret yang telah diberi lem kayu. masukkan satu persatu fret dengan hati-hati agar letaknya pas, kemudian tekan sampai masuk ke dalam lubang fret. agar seluruh fret tertanam dengan baik maka pukl-pkullah fret menggunakan kayu secara hati-hati. lalu diamkan fret tertanam minimal seharian agar lem kayu mengering dengan kuat.


    5. Setelah lem mengering sekarang saatnya meratakan fret yang telah terpasang, untuk mengetahui apakah fret gitar yang telah terpasang terlihat rata maka kita harus mencobanya dahulu dengan membentangkan seutas tali yang ditarik lurus di atas fret dari ujung ke ujung, bila fret yang terpasang terlalu tinggi maka kita dapat menurunkannya kembakli fret tersebut dengan cara dikikir sedikit demi sedikit sampai seluruh fret tempak rata.


   6. Langkah yang terakhir adalah memasang stang ke badan gitar dengan memasang kembali keempat sekrup yang terlepas. lalu pasang kembali senar pada gitar.


    7. Bila masih ada fret yang tidak rata maka kikirlah lagi beberapa fret yang terlihat menonjol dari yang lain menggunakan kikir secara sedikit demi sedikit.

Semoga bermanfaat...
Lebih baru Lebih lama