TUY6TSY9Gpr9TfC5GfY7TfW6TY==

Menguak Tentang Chorus, Phaser, Flanger Pada Efek Gitar Lebih Dalam


 Selain efek suara seperti Overdrive, Distortion, Delay dan lain-lain, Sound-sound modulation juga sangat dibutuhkan oleh para gitaris untuk menambah kemegahan dan manisnya sound yang dihasilkan. Diantaranya yaitu Phaser, Flanger dan Chorus.

 Perlu di ketahui, 3 jenis Efek Modulation yang paling sering di pakai oleh para Gitaris hebat dunia saat rekaman maupun saat Live performence adalah Chorus, Flanger dan Phaser. Hampir di setiap Multiefek yang beredar di Pasaran Efek modulasi jenis ini tersedia di dalamnya, tapi tidak semua gitaris yang tau fungsi sebenarnya.

Untuk itu zonagitar.net akan mebedah tuntas tentang Chorus, Flanger dan Phaser khusus untuk kalian gitaris yang belum memahami lebih dalam tentang efek gitar.

1. Chorus :
Chorus memiliki arti Paduan Suara atau bisa juga dibilang Ensemble. Sound efek jenis ini membuat Sound Gitar terasa lebih dari 1 Gitar yang memainkannya, terasa seperti Ensemble / orchestra yang menghasilkan suara yang megah namun ada sedikit perbedaan di Timbre dan Pitch dari sound gitar aslinya. Sound efek jenis ini juga bisa digunakan sebagai Vibrato.

contoh lagu yang menjadi Hits dunia yang memakai Efek Chorus. Yang pertama adalah lagu dari Whitesnake yang berjudul Is This Love yang hampir disepanjang petikan lagu tersebut menggunakan Efek Chorus.

 Lagu Love Heart dari Nazareth di sepanjang petikan lagu tersebut juga memakai Efek Chorus. Umumnya Efek chorus banyak digunakan oleh gitaris-gitaris dunia untuk mempermanis Sound Clean yang mereka hasilkan.

Berikut merek efek pedal Chorus yang menjadi best seller:
Boss CE-5 Chorus Ensemble, TC Electronic Stereo Chorus, dan MXR M234 Analog Chorus.

2. Flanger :

Efek Flanger pertama kali tercipta melalui Experiment di studio, yaitu dengan Cara memutar Pita yang digunakan untuk rekaman, lalu memegang bagian Tepi  Reel pita tersebut, jadilah efek yang dinamakan Flanger, Sebenarnya efek ini diciptakan untuk mensimulasi Suara Pesawat Jet agar menambah kesan Dramatis pada Sound yang di hasilkan. Adapun beberapa Gitaris yang menggunakannya sebagai Pemanis suara Clean, lalu ada lagi yang mengembangkannya menjadi suara Dive Bomb (Bom Jatuh).

Inilah lagu-lagu populer dunia yang menggunakan efek Flanger :
yang pertama ada di Intro Lagu Van Halen yang berjudul Ain’t Talkin bout Love. Tom morello pun menggunakan Efek Flanger di intro lagu Killing in The Name waktu bersama Rage against the Machine.

Pedal-Pedal Efek Flanger yang paling Best Seller :
Boss BF-3, Ibanez AF-2 Paul Gilbert Signature dan MXR EVH 117.

3. Phaser :

Efek Phaser atau bisa disebut Phase Shifter, Efek ini membuat sound Gitar seolah beriak atau seperti adanya suara Pusaran, Menegaskan suara di beberapa Aspek nada sementara beberapa nada lain melemah, seperti adanya perubahan dinamika pada sound Gitar secara terus menerus.

Berikut Beberapa lagu yang menggunakan Efek Phaser :
Penggunaan Efek Phaser paling menggegerkan dunia saat efek ini digunakan oleh Eddie Van Halen di Solo Gitarnya yang berjudul Eruption pada Bagian Tappingnya. Lalu ada juga di salah satu lagu terbaik dari Pink Floyd yaitu Shine on You Crazy Diamond saat David Gilmour membuka petikan lagu ini dengan Efek Phaser.

Pedal-Pedal efek Phaser paling best seller :
MXR Phase 90 Dan Electro Harmonix Analog Phase Shifter.

Type above and press Enter to search.