Gitar selalu fals di bagian fret atau kolom ke 12 ke belakang saat di setem atau di tuning memang kerap menjadi masalah yang menjengkelkan , biasnya pada saat di open strings "los senar", nadanya nomal-normal saja, tapi jika bermain pada bagian fret yang terakhir, (12 ke atas) nada yang dihasilkan itu kurang akurat, Biasanya nadanya cenderung lebih tinggi dari nada yang seharusnya. Apakah kalian sekarang sedang mengalami hal tersebut?.

Sebenarnya masalah ini masih bisa di atasi dengan cara yang cukup sederhana, dengan catatan, anda harus pahami dahulu karakter dari gitar yang kalian miliki, karena  ada banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut pada gitar akustik maupun elektrik seperti Nek atau leher gitar yang sudah mulai melengkung, jarak senar dengan fret dll .

Di dalam dunia seting Gitar ,  ada yang namanya Setting Intonasi, artinya dimana kita harus menyesuaikan nada yang paling dekat dengan neck gitar sampai yang paling terjauh sehingga nada yang dihasilkan oleh gitar tetap "ngetune".

Untuk mengatasi masalah ini, zonagitar.nek akan bagikan tips yang harus perhatikan sebelum melakukan perbaikan pada inti permasalahan yang menyebabkan Gitar selalu fals di bagian fret atau kolom ke 12 terakhir.

  • Pastikan Terlebih dahulu bahwa Leher atau Neck Gitar kalian dalam kondisi yang normal, atau tidak Bengkok, atau melengkung, Biasanya dan Kebanyakan yang terjadi pada Gitar yang tidak bisa akurat dalam hal Tuningnya, itu disebabkan karena leher gitar Melengkung Cekung, sehingga jarak senar terhadap Tuts menjadi Menjauh, sehingga bukan tidak mungkin bahwa ketika senar di tekan, nada yang dihasilkan Pada senar tersebut akan bertambah tingginya, dan akhirnya membuat Nada menjadi tidak natural. Olehnya itu sebaiknya Cek Bagian ini terlebih dahulu, karena meskipun kita telah melakukan setting apapun, jika Neck Guitar anda dalam kondisi yang kurang normal, itu akan sia sia. Silahkan baca Cara  Mengatasi Gitar Yang Melengkung
  • Pastikan juga bahwa jarak senar dengan Neck gitar tidak terlalu jauh, karena hal itu juga sangat mempengaruhi Kualitas Not yang akan dihasilkan, Tapi jangan juga terlalu rendah, karena itu juga bisa menyebabkan Freet Buzz, jadi setting yang sewajarnya saja, tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah, Idelnya jarak antara Neck dengan Senar kurang lebih 4,5mm sampai 4mm, itu adalah Tuning yang standard, 
  •  jika memang sudah dirasa Normal, langkah selanjutnya ialah melakukan Setting intonasi.

Caranya  :
Cukup dengan  menggeser Sadle Guitar (Tempatnya kita memasukkan senar), dengan Catatan "Jika Nada yang dihasilkan Cenderung Lebih Tinggi maka Geser Sadlenya Menjauh dari Pickup, Begitu Juga sebaliknya, Jika Nada Yang dihasilakan Rendah, Maka Geser Sadle Gitarnya Lebih Mendekat Ke Pickup". intinya, semakin Dekat atau semakin kita memajukan Sadle Bridge, maka Nada Semakin Tinggi, dan begitu juga sebaliknya.

Jika Sudah, Coba Lakukan Tuning, kemudian Tekan pada Kolom 12, jika Nadanya sudah Menjadi E,, maka Gitar sudah dalam Intonasi yang tepat. Namun, jika semual langkah diatas sudah dilakukan dengan benar tetapi tidak memberikan hasil yang memuaskan, atau masalahnya tetap saja sama, itu berarti yang bermasalah itu adalah Tutsnya.

Artinya, Jarak antar Fret pada gitar anda tidaklah ideal sebagaimana mestinya. jika ini yang terjadi maka jalan terakhir adalah mengganti Neck Gitarnya dengan yang baru.
Semoga bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama