7 Tips ini Wajib Kamu Baca Sebelum Membuat Gitar Kastem

Zonagitar.Net - Mahalnya harga gitar original pabrikan seperti  merk fender, gibson, ibanez, terlebih PRS serta Musicman yang beredar di pasaran membuat gitaris banyak yang mengakalinya dengan membuat gitar custom atau gitar yang dibuat dengan design sendiri.  namun ada juga gitaris yang sengaja membuat gitar custom untuk identitas dirinya dengan harapan haya dia yang memiliki model gitar seperti itu. 

 Namun sayangnya tak semudah itu untuk bisa mendapatkan gitar custom yang hasilnya seratus persen sempurna seperti yang kamu harapkan, banyak dari mereka yang sudah pesan gitar custom namun kecewa dengan hasil akhirnya setelah gitar sampai di tangan. Nah, untuk kamu yang ingin membuat gitar custom ini anda baiknya memerhatikan beberapa tips dari zonagitar.net di bawah ini.

1.  Jenis kayu yang digunakan. 

Memilih kayu terbaik untuk membuat gitar merupakan faktor utama dan pertama. pastika kayu apa yang akan kamu pakai untuk body maupun untuk necknya. Type kayu sangat berpengaruh pada nada dan sustain yang dihasilkan. Kayu juga memiliki pengaruh pada berat gitar, jika terlalu berat pastinya akan merepotkan kamu saat memakainya. Kayu terbaik yang umumnya digunakan sebagai body gitar elektrik adalah kayu mahogani dan mapel untuk Nek Gitar, kayu mahogani terkenal akan kualitas nada dan sustain yang bagus.

2. Teknik Pengukuran dan Precisi gitar custom

Jika kamu ingin membuat gitar tiruan dari versi asli pabrikan yang kamu kagumi, pahami tehnik pengukuran yang dipakai oleh si Luthier yang kamu yakini untuk membuat gitar kamu. lantaran sangat banyak Luthier yang tidak begitu mengetahui ukuran standard gitar asli yang anda pesan. jika salah ukur serta salah komposisi, bisa jadi body serta ukuran neck gitar yang kamu pesan akan mengecewakan. Carilah Luthier (pembuat gitar) yang mempunyai peralatan mutakhir dan komplit serta memiliki rekomendasi yang baik. jika hanya asal jadi, tukang mebel pun bisa jika di suruh membuat gitar.

3. Teknik dan alat Pewarnaan gitar custom

Cermati tehnik serta alat pewarnaan yang dipakai oleh si pembuat gitar. lihat lah contoh-contoh atau foto-foto saat produksi , apakah finishing warnanya bagus, apakah dia memakai cat yang memanglah dipakai untuk pewarna body gitar, ataukah hanya asal-asalan dalam pewarnaan gitar. banyak luthier pemula yang belum begitu paham tentang teknik pewarnaan gitar bahkan ada juga yang berniat nakal. luthier yang jujur biasanya mengupload photo-photo saat penggarapan pesanan seseorang di akun jejaring sosial si luthier tersebut.

Contoh kasus, Gitar PRS meliliki pola coretan garis garis jelas seperti pada PRS CUSTOM 24, harusnya kayu yang digunakan ialah Mapple Flame yang asli memiliki pola garis-garis alami pada seratnya. namun banyak pembuat gitar amatir yang meniu pola tersebut dengan cat air brush untuk membuat garis.  ini jelas sangat berbeda hasilnya.

4. Pick-Up / Preamp
Pastikan pick-up atau preamp (pada gitar akustik) sesuai dengan yang kamu butuhkan, kamu harus paham mengenai jenis jenis pick-up yang ingin kamu gunakan. Jangan pernah menyerahkan seutuhnya pada si pembuat gitar untuk memastikan pick-up apa yang perlu dipakai, tidak sedikit luthier yang nakal dengan memasang pickup murahan yang akhirnya berdampak pada suara gitar yang tidak memuaskan.

5. Bengkel / Tempat pembuatan gitar custom.

Janganlah sekali-kali anda yakin pada pembuat gitar yang tidak mempunyai bengkel/tempat pembuatan gitar, itu bisa jadi mereka masih tetap amatir. Bila anda ingin pesan gitar custom on-line, jadi yakinkan mereka menghadirkan gitar gitar yang sudah di buat, ada video/foto tempat mereka membuat gitar itu. lihat  profilnya di situs atau blognya. Janganlah hanya yakin pada pembuat gitar yang hanya mengiklankan gitar custom di forum seperti kaskus atau toko online. Baiknya, kamu datangi tempat pembuatannya serta  sering-seringlah mengkontrol progress pembuatannya.

6. Fret Gitar
Cermati dengan benar fret gitarnya. pastikan kualitas fret yang digunakan benar benar seperti yang kamu inginkan, perhatikan juga pemasangan fretnya, pemasangan fret yang rapih akan membuat nyaman saat di mainkan. Beberapa pembuat gitar custom amatir, kerap tak memerhatikan hal semacam ini. kamu harus paham tentang kerapihan fret yang terdapat pada gitar ORI pabrikan seperti ibanez, gibson dll, dengan sering sering lah berkunjung ke pameran gitar atau toko gitar yang menjual gitar original.

7. Truss Road dan Neck Lurus


Kamu harus meyakinkan bahwa neck gitar custom terdapat truss road atau besi didalamnya agar dapat diluruskan kembali jika satu waktu neck gitarnya bengkok. karna jika neck gitar sudah bengkok yang terjadi ialah Fretting yakni misal kamu membunyikan suara pada fret ke tiga, senar juga menyentuh pada fret ke 5 sehinga ada bunyi yang menabrak atau kandas.
Lebih baru Lebih lama